Pengertian bahasa jurnalistik

Arti dan definisi bahasa jurnalistik

Apa itu jurnalistik tentunya kita sering menonton tayangan televisi ataupun radio dan kita disuguhi berbagai informasi dengan bahasa yang membuat kita kadang ikut terhanyut seperti mengalami sendiri peristiwa secara langsung yang diampaikan oleh pembawa berita nya. Bahasa jurnalistik sendiri mempunyai aturan atau kaidah dalam penggunaanya itulah mengapa kita sering ikut bisa menggambarkan peristiwa yang disampaikan sang jurnalist. oke berikut pembahasan tentang:

Pengertian Bahasa Jurnalistik

Secara etimologi, jurnalistik berasal dari kata journ dalam bahasa prancis, Journ sendiri memiliki arti catatan atau laporan harian. Jadi secara sederhana jurnalistik diartikan sebagai kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis untuk surat kabar, majalah atau media massa lainnya.

Definisi Bahasa Juralistik

Dalam Leksikon Komunikasi dirumuskan, jurnalistik adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, menyunting, dan menyebarkan berita dan karangan untuk surat kabar, majalah dan media massa lainnya seperti radio dan televisi (Kridalaksana, 1977:44).
 F.Fraser Bond dalam An Introduction to Journalism (1961:1)  menulis: jurnalistik adalah segala bentuk yang membuat berita dan ulasan mengenai berita sampai pada kelompok pemerhati.
Roland E. Wolseley dalam Understanding Magazines (1969:3) menyebutkan, jurnalistik adalah pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi umuum, pendapat pemerhati, hiburan umum secara sistematik dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada surat kabar, majalah, dan disiarkan di stasiun siaran (Mappatoto, 1993:69-70).
Adinegoro menegaskan, jurnalistik adalah semacam kepandaian mengarang yang pokoknya memberi pekabaran pada masyarakat dengan selekas-lekasnya agar tersiar seluas-luasnya (Amar, 1984:30).
Astrid S. Susanto menyebutkan, jurnalistik adalah kegiatan pencatatan dan atau pelaporan serta penyebaran tentang kejadian sehari-hari (Susanto, 1986:73). 
Onong Uchjana Efendy, mengemukakan, secara sederhana junalistik dapat didefisinikan sebagai teknik mengelola berita mulai dari mendapatkan bahan sampai kepada menyebarluaskannya kepada masyarakat (Effendy, 2003:95). 
Djen Amar menekankan, jurnalistik adalah kegiatan mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan berita kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya (Amar, 1984:30). 
Erik Hodgins, redaktur majalah Time, menyatakan, jurnalistik adalah pengiriman informasi dari sini ke sana dengan benar, saksama, dan cepat, dalam rangka membela kebenaran dan keadilan berpikir yang selalu dapat dibuktikan (Suhandang, 2004:23), Curtis D. Mac Dougall dalam Interpretative Report-ing menyebutkan, jurnalistik adalah kegiatan mencari fakta, menghimpun berita, dan melaporkan peristiwa (Kusumaningrat, 2005:15). Jadi berdasarkan definisi para ahli diatas dapat disimpulkan definisi jurnalistik sebagai berikut: secara teknis jurnalistik adalah kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat cepatnya.

Oke demikianlah penjelasan singkat tentang Pengertian bahasa jurnalistik dikutip dari berbagai sumber buku. semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian bahasa jurnalistik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel