Contoh RPP Kurikulum 2013 SMA Kelas X Semester 1 Mata pelajaran Bahasa Indonesia KD Teks Eksposisi

Halo disini saya akan membagikan Contoh RPP Kurikulum 2013 SMA Kelas X Semester 1 Mata pelajaran Bahasa Indonesia KD Teks Eksposisi ini rpp yang dulu saya pakai untuk mengajar waktu mengikuti PPL.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)

Satuan Pendidikan
:
MAN 1 Kota Bengkulu
Kelas / Semester
:
X /1
Mata Pelajaran      
:
Bahasa Indonesia
Materi Pokok
:
Teks Eksposisi
Jumlah Pertemuan
:
2 x Pertemuan
Alokasi Waktu         
:
4 x 45 menit


A.
Kompetensi Inti

1.          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.          Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jaab, peduli ( gotong royong, kerja sama, toleran, damai ), santun responsif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.          Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan aasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.          Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B
Kompetensi Dasar

1.2           Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
2.5           Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik.
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1 Menginterpretasi makna  teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik melalui lisan maupun tulisan.

C
Indikator Pencapaian Kompetensi


1.          Dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks eksposisi.
2.          Dapat menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik.
3.          Dapat menjelaskan isi teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.          Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
5.          Dapat menjelaskan ciri bahasa teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
6.          Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks  eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.

D.
Tujuan Pembelajaran


Selama dan setelah pembelajaran siswa:
1.          Dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks eksposisi.
2.          Dapat menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik.
3.          Dapat menjelaskan pokok-pokok pikiran teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.          Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
5.          Dapat menjelaskan ciri bahasa teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
6.          Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks  eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.


E.
Materi Pembelajaran
1.          Model teks eksposisi

2.          Struktur dan kaidah teks eksposisi
3.          Pokok-pokok pikiran teks eksposisi
4.          Ciri-ciri  bahasa  teks eksposisi

F.
Metode Pembelajaran:
1.          Pendekatan Scientific (Ilmiah)
2.          Model : Project Based Learning
3.          Metode: Diskusi, inkuiri, penugasan.




G.      Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon ucapan salam dan pertanyaan/pengecekan kehadiran peserta didik dari guru.
2.      Peserta didik merespon informasi tentang keterkaitan materi pembelajaran yang sudah dipelajari dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari.
3.      Peserta didik merespon informasi kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan kegunaan yang dapat diperoleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru memotivasi dan mengondisikan kelas sampai peserta didik siap mengikuti pembelajaran.

5. Peserta didik membentuk kelompok belajar beranggotakan 4- 5 orang.


15
Diskusi, inkuiri, penugasan.
Inti
1.      Peserta didik mendapatkan model teks  eksposisi.  (Mengamati)
2.      Peserta didik membaca model teks eksposisi.( Mengamati )
3.      Peserta didik menentukan pokok-pokok pikiran teks eksposisi.( menanya )
4.      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah teks eksposisi (pernyataan pendapat/tesis, argumentasi, pernyataan ulang pendapat)( Menanya )
5.      Peserta didik mencermati penggunaan bahasa dalam teks eksposisi.( Mengamati )
6.      Peserta didik membuat resume hasil diskusi ( Mencoba )
7.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang teks eksposisi.( Jejaring )
8.      Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru tentang eksposisi..( Jejaring )
9.      Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan referensi dari guru ( Jejaring )
10.   Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.


60
Kegiatan Penutup
1.     Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.     Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
15
.




Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan
1.     Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.     Peserta didik menerima informasi kompetensi yang akan dilaksanakan
4.     Peserta didik membentuk kelompok belajar beranggotakan 4 – 5.

15
Diskusi, inkuiri, penugasan.
Inti
1.      Peserta didik mendapatkan model teks eksposisi.( Mengamati )
2.      Peserta didik membaca model teks eksposisi.( Mengamati )
3.      Peserta didik berdiskusi menafsirkan/ menceritakan kembali  pokok-pokok pikiran/ isi teks eksposisi ( Menanya )
4.      Peserta didik membuat resume hasil diskusi ( mencoba )
5.      Peserta didik mempresentasikan pokok-pokok pikiran/ isi teks eksposisi ( Jejaring )
6.      Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru tentang isi teks eksposisi.( Jejaring )
7.      Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan referensi dari guru ( Jejaring )
8.      Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.


60
Kegiatan Penutup
1.     Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.     Peserta didik mendapatkan  penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
4.     Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
15


H
Media dan Sumber Pembelajaran:
1.          Model Teks Eksposisi
Menghayati Pesan PUISI “ SEONGGOK JAGUNG “
Membedah Struktur Teks Eksposisi
2.          Buku Teks Bahasa Indonesia
3.          Buku Penunjang
4.          KBBI, TBBI

J.  Penilaian  Hasil  Belajar
Bacalah teks laporan hasil observasi kemudian kerjakan soal berikut:
1.        Jelaskan pokok-pokok pikiran/ isi teks eksposisi  baik melalui lisan maupun tulisan!
2.        Jelaskan struktur dan kaidah teks  eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan!
3.        Jelaskan ciri-ciri/ kaidah bahasa teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan!
4.        Interpretasikan/ ceritakan kembali teks eksposisi berikut baik melalui lisan maupun tulisan!
Kunci Jawaban
1.        Menceritakan tentang ketakberdayaan seseorang akan keadaan ujntuk mengubah sebuah kebijakan
2.        Struktur Teks Eksposisi
a.        Pernyataan Pendapat ( Tesis )
b.        Argumentasi
c.        Penegasan
3.        Ciri bahasa Teks Eksposisi
a.        Baku
b.        Sesuai EYD
c.        Ada Prosedur /Urutan




Rubrik Penilaian
1.          Penilaian Uraian


KUNCI / KRITERIA JAWABAN/ ASPEK YANG DINILAI
TINGKAT
SKOR
1
ISI EKSPOSISI
·         Sesuai dengan isi kutipan, luas dan lengkap, amat terjabar.
·         Sesuai dengan kutipan, luas dan lengkap, terjabar krang baik.
·         Sesuai dengan kutipan,kurang  luas dan kurang lengkap, terjabar kurang baik.
·         Tidak sesuai dengan kutipan, tidak luas dan tidak lengkap, terjabar tidak  baik.


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

27 - 30
22 - 26
17 - 21
13 - 16
2
STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS EKSPOSISI
·         Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi amat tinggi
·         Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi kurang baik.
·         Benar, kurang lengkap lengkap, kurang  jelas, miskin gagasan,  logis, kohesi kurang baik
·         Tidak benar, tidak lengkap, tidak jelas   jelas, miskin gagasan, tidak  logis, kohesi  tidak baik


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

18 – 20
14 – 17
10 – 13
7 – 9
3
KAIDAH TATA BAHASA
·         Amat menguasai tata bahasa, amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat.
·         Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna
·         Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·         Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat tidak komunikatif


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

18 – 20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
4.
INTERPRETASI TEKS
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, dankomunikatif.
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, tetapi kurang komunikatif.
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis,tetapi kurang  runtut dan kurang komunikatif
·         Tidak sesuai dengan isi teks, tidak lengkap,tidak  logis, tidak runtut, dan tidak komunikatif

Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang
   27 - 30
22 - 26
17 - 21
13 - 16

2.          Penilaian Sikap
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung Jawab
Peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1





















2





















3





















4





















5






















MK : Membudaya
MB : Mulai berkembang
MT : Mulai tampak
BT : Belum tampak

3.          Penilaian Presentasi

Nama
:
Kelas/NIS
:
Tanggal
:

No
Aspek
Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang


4
3
2
1
1
Persiapan




2
Penyampaian




3
Penampilan




4
Komunikasi nonverbal




5
Komunikasi Verbal




6
Pemanfaatan piranti Bahasa




7
Alat Bantu Visual




8
Tanggapan terhadap Pertanyaan




9
Isi





Jumlah






Mengetahui                                                                                                             Bengkulu,                 2014
Guru Pamong                                                                                                          Praktikan



Lili Yanti, S.Pd
 NIP.197203072003122001                                                                                   Andri

Download File lengkap rpp kd teks eksposisi dalam format word RPP Kurikulum 2013 SMA Kelas X Semester 1 KD Teks Eksposisi


Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP Kurikulum 2013 SMA Kelas X Semester 1 Mata pelajaran Bahasa Indonesia KD Teks Eksposisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel