Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama



Gagasan Utama Paragraf


Paragraf adalah gabungan dari beberapa kalimat yang memiliki 1 gagasan utama. Paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas.

Kalimat utama merupakan kalimat inti yang berisi permasalahan atau hal yang dibahas dan dijabarkan oleh kalimat-kalimat penjelas.
Ciri kalimat utama:
1.      Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut.
2.      Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
3.      Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
4.      Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
5.      Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata kunci berikut ini:
*  Sebagai kesimpulan,
*  Yang penting,
*  oleh karena itu,
*  Jadi,
*  Oleh sebab itu,
*  Dengan demikian,

Kalimat penjelasberisi pernyataan yang menjelaskan permasalahan atau hal yang terdapat pada kalimat utama.

Gagasan Utama adalah inti pembahasan dalam sebuah pernyataan kalimat.
§  Gagasan utama disebut juga ide pokok/ pokok pikiran.
§  Gagasan utama juga bisa berarti hal yang ingin disampaikan oleh penulis. Kalimat yang memuat gagasan utama disebut dengan kalimat utama atau kalimat topik.
§  Gagasan utama bisa terletak di awal kalimat (deduktif), di akhir kalimat (induktif), dan di awal serta di akhir kalimat ( deduktif-induktif). Gagasan utama juga ada yang terletak di tengah paragraf, paragraf ini merupakan jenis paragraf deskripsi.
§  Gagasan utama/ ide pokok / pokok pikiran dalam kalimat utama memiliki ciri yang paling umum di antara kalimat-kalimat lainnya. Kalimat-kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang bersifat menerangkan maksud dari gagasan utama yang berada di dalam kalimat utama.

Cara menentukan gagasan utama dalam sebuah teks:
1.      Bacalah dengan cermat
Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks tersebut secara keseluruhan, jawablah pertanyaan berikut apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang menjadi topik utamanya.  
2.      Temukan kalimat utamanya
Strategi yang kedua adalah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang telah kita ketahui, kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut. Oleh karena itu, untuk menemukan kalimat utama adalah dengan melihat kalimat utama yang didukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam sebuah teks.
Bacalah teks tersebut dengan cermat. Dengan demikian, kita dapat menentukan manakah kalimat-kalimat utama di dalam setiap paragaf tersebut. Agar bisa menemukan kalimat utama dengan mudah, berikut ini adalah ciri – ciri kalimat utama dalam paragraf.

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya terdiri atas paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf deduktif-induktif (campuran).
1. Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf.
2. Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf.
3. Paragraf deduktif-induktif (campuran) adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf.
4. Paragraf deskriptif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di semua kalimat.

Contoh Pargraf Deduktif (Kalimat utama di awal paragraf)
Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagimana mestinya.
Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di awal paragraf dalam kalimat utama (Kalimat ke-1) yaitu: “Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.”. Gagasan utama dalam kalimat utama tersebut adalah “Perubahan sistwm pendidikan di Indonesia yang sangat signifikan.” Selanjutnya gagasan utama diperkuat dengan kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Contoh Paragraf Induktif (Kalimat utama di akhir paragraf)
Sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Selainitu, penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil bertanam sistem hidroponik tidak kalah dengan sistem penanaman langsung di tanah. Biaya awal pembuatan sistem hidroponik yang agak mahal dapat disiasati dengan penggunaan bahan-bahan bekas di sekitar kita. Jadi, sistem bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apa pun.
Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di akhir paragraf dalam kalimat utama yaitu: “Jadi, sistem bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apa pun. Gagasan utama dalam kalimat utama tersebut adalah “Sistem bertanam hidroponik dapat menggunakan media apa pun.”  Kalimat-kalimat sebelumnya merupakan kalimat-kalimat penjelas.

Paragraf Deduktif- induktif atau Campuran (Kalimat utama di awal dan akhir paragraf)
Paragraf deduktif-induktif disebut juga paragraf campuran. Paragraf deduktif-induktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya di awal dan akhir paragraf. Paragraf campuran ini merupakan gabungan dari pola deduksi dan induksi, yaitu dengan menyampaikan gagasan utama terlebih dahulu, kemudian dijabarkan hal khusus, lalu disimpulkan kembali dengan hal umum. Dengan kata lain, paragraf ini memiliki gagasan utama pada paragraf utama yang diletakkan di bagian awal dan akhir paragraf.
Contoh:

Kebijakan pemerintah dengan menaikkan harga BBM sangat menyusahkan rakyat. Banyak rakyat yang hidupnya menjadi sengsara karena harga – harga bahan pokok turut mengalami kenaikan. Padahal gaji mereka tetap, sehingga pengeluaran mereka menjadi bertambah. Bahkan kesulitan tidak hanya terjadi pada pemenuhan barang kebutuhan pokok, tetapi juga ikut berimbas pada tarif – tarif atau biaya lainnya seperti, tarif angkot, air, listrik, dan lain – lain. Contohnya, akibat dari kenaikan tarif, pengeluaran mereka juga harus bertambah. Oleh karena itu, kebijakan ini sangat tidak mendukung rakyat kecil.

Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di awal dan akhir paragraf dalam kalimat utama yaitu pada kalimat ke-1: Kebijakan pemerintah dengan menaikkan harga BBM sangat menyusahkan rakyat,”dan kalimat terakhir: Oleh karena itu, kebijakan ini sangat tidak mendukung rakyat kecil”. Jadi, gagasan utama dalam kalimat utama tersebut adalah “Kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM sangat menyusahkan rakyat kecil.” Kalimat pertama merupakan kalimat utama yang mengandung gagasan pokok. Selanjutnya, diikuti dengan beberapa kalimat penjelas yang memaparkan penjelasan tentang hal yang disampaikan pada kalimat pertama. Kemudian, pada kalimat terakhir mengandung penegasan terhadap hal yang dipaparkan dalam kalimat pertama.

Belum ada Komentar untuk "Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel